Categories
Uncategorized

Kamboja Fosil, Selain Indah Bunganya, Juga Berkhasiat Obat

Bunga Kamboja Fosil identik dengan tanaman yang ditanam di kuburan. Namun kini banyak apartemen elit yang dijadikan tanaman hias. Dibalik keindahan bunganya, ternyata bunga Kamboja Fosil memiliki banyak khasiat sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kamboja Fosil, Selain Indah Bunganya, Juga Berkhasiat Obat

Pohon Kamboja Fosil dengan nama latin Plumeria ini ditemukan oleh seorang ahli botani Perancis bernama Charles Plumier. Dan bunga Kamboja Fosil yang pohonnya setinggi 3 meter ini tidak ada hubungannya dengan Kamboja Fosil, karena bunga ini berasal dari Amerika Tengah.

Bunga Kamboja Fosil yang daunnya kenyal mengandung banyak senyawa kimia, di antaranya asam plumat, asam serotononat, plumierid, dan agoniadine. Senyawa kimia ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jual Kamboja Fosil

Kulit kayu Kamboja Fosil mengandung getah dan asam plumerat. Sedangkan bagian akar dan juga daunnya banyak mengandung saponin, polifenol, alkaloid dan juga fenetil alkohol. Hampir seluruh bagian pohon Kamboja Fosil mengandung senyawa fulvoplumierin yang terdapat di hampir seluruh bagian tanaman ini dan bermanfaat untuk menghambat disentri, radang saluran pernafasan, TBC, dan hepatitis.

Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan dari pohon Kamboja Fosil yang jarang kita perhatikan:

1. Bunga Kamboja Fosil bisa digunakan untuk membuat teh.

Setelah kering, bunga Kamboja Fosil diseduh dengan air panas. Manfaatnya antara lain membuat tubuh lebih rileks, mengurangi stres, dan berfungsi sebagai aromaterapi. Bila dimakan langsung, bunga ini meredakan demam, menghentikan batuk, mengeluarkan kencing, mencegah pingsan, menghentikan diare, dan lain-lain.

2. Bunga Kamboja Fosil untuk pengobatan antibiotik dan sakit gigi

Daun Kamboja Fosil menyimpan banyak sari buah. Jus mengandung alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid, yang dapat digunakan sebagai antibiotik. Tanaman ini juga dikatakan sangat efektif dalam mengobati sakit gigi pada gigi berlubang dengan cara mengoleskan beberapa tetes air Kamboja Fosil dengan kapas pada gigi yang sakit. Dosisnya cukup 1-2 kali sehari.

3. Kamboja Fosil untuk pengobatan maag

Jika terkena bisul, silahkan coba obati dengan daun Kamboja Fosil. Caranya, panaskan daun Kamboja Fosil di atas api sampai layu, lalu olesi dengan minyak zaitun. Tempelkan di atas bisul selagi masih panas.

4. Kamboja Fosil mengobati kaki bengkak

Selain bunga dan daun, akar dan batang Kamboja Fosil juga bisa digunakan untuk mengobati kaki bengkak dan tumit pecah-pecah. Mudah. Rebus akar dan daunnya hingga mendidih, lalu tambahkan garam. Gunakan air rebusan pada daun, akar, dan garam untuk merendam kaki bengkak dua kali sehari.

Kamboja Fosil( maupun diucap pula plumeria) ditemui oleh seorang ilmuwan Prancis. Meski dinamai Kamboja Fosil, tumbuhan ini tidak memiliki keterkaitan dengan Negara Kamboja Fosil

yang jadi anggota Asean sama semacam Indonesia ini.

Bunga Kamboja Fosil biasanya memiliki mahkota bercorak putih, dengan bagian tengah bercorak kuning. Tidak cuma jenis ini, ada pula Kamboja Fosil

yang mahkota bunganya bercorak merah keunguan. Besar tanaman Kamboja Fosil

bisa mencapai 6 meter, dengan daun hijau tua yang tebal dan lonjong. Tanaman yang berbunga di hampir sepanjang tahun ini biasanya dibiakkan dengan tata cara stek batang.

Nah Sobat Dukun, semacam yang dikatakan sebelumnya bunga ini dipercaya oleh sebagian masyarakat memiliki cerita mistis yang memilukan. Dikatakan pada masa dulu ada seorang perempuan yang ditinggal mati oleh suaminya dan si perempuan tersebut meratapi kesedihannya berhari- hari di atas kuburan sang suami hingga menemui ajalnya.

Tidak lama sehabis itu tumbuhlah bunga indah bercorak putih di atas makam suami perempuan itu, hingga diberi nama bunga Kamboja Fosil

bagaikan lambang kesetiaan dalam jalinan asmara.

Masing- masing hari tanaman ini menggugurkan bunganya di atas pusara yang ditinggalkan. Sehingga lelet laun Kamboja Fosil dikenal bagaikan bunga kesetiaan. Tidak cuma itu, apabila ada orang yang menghasilkan Kamboja Fosil

dengan mahkota berjumlah 4 maupun 6, konon ia hendak menciptakan rezeki dan keberuntungan.

Tidak cuma kedua cerita horor tersebut ada pula yang beranggapan tanaman Kamboja Fosil

ialah tanaman penenang, pemanggil, dan penyejuk buat arwah yang ada di dekat pemakaman tersebut sangat utama yang terletak di dasar pohonnya.

Tanaman Kamboja Fosil yakni salah satu jenis tanaman yang sampai disaat ini jadi tanaman yang sangat khas di Indonesia. Apabila Kalian menghadiri zona maupun tempat pemakaman umum di Indonesia, sudah pasti kalian hendak menghasilkan Tanaman Kamboja Fosil yang ditanam dengan tegak di sana.

Kamboja Fosil ialah sejenis tanaman hias yang telah hidup sejak lama. Jenis tanaman ini jadi lebih mahal bertepatan bertambahnya usia. Jenis tanaman ini tidak memiliki jangkar dan cukup besar. Tanaman ini memiliki ketinggian 1 hingga 7 meter.

Kenapa harus jadi Tanaman hias dan sangat wajar, karena memanglah tanaman hias semacam ini dapat mencapai umur hingga mencapai 10 tahun dan

terlebih bisa hingga ratusan tahun.

Karena sudah cukup tua bukan berarti tanaman ini diucap dengan sebutan fosil dari hewan purba. Karena keunikannya, jenis tanaman ini digolongkan bagaikan tanaman mulia. Tanaman Kamboja Fosil mendominasi spesies tanaman hias yang sangat disukai oleh pengumpul tanaman hias.

Banyak cerita mistik tentang tumbuhnya Tanaman Kamboja Fosil di kuburan. Tetapi itu tidak berarti jika keberadaannya tidak memiliki penjelasan ilmiah. Inilah anggapan atau bisa juga alibi mengapa Tanaman Kamboja Fosil tetap ada di makam Indonesia hingga saat ini!

1. Buat memulai, Kalian perlu tahu lebih banyak tentang realitas biologis Tanaman Kamboja Fosil

Kamboja, Semboja maupun Frangipani ialah sekelompok tanaman dari keluarga Plumeria. Tanaman Kamboja Fosil mulai mencapai usia berumur kala tingginya melebihi satu meter. Tanaman khas daerah tropis ini harus terkena sinar matahari langsung sejauh sangat tidak 6 jam satu hari.

Tanaman Kamboja Fosil tumbuh dengan daun yang relatif tidak kerap tetapi tebal.

Bunga kamboja memiliki alterasi warna mahkota yang berbeda, yakni: putih, merah muda, merah, kuning hingga ungu. Biasanya jumlah mahkota ialah 5 helai.

Bunga dengan 4 maupun 6 mahkota tidak kerap dan dikira ajaib oleh masyarakat sekitarnya. Tanaman ini memiliki serat pangkal dan bunga tidak sangat kasar, tetapi pula tidak sangat halus.

2. Tanaman Kamboja Fosil telah menempuh ekspedisi panjang hingga akhirnya jadi populer di Indonesia

Jenis tanaman ini sebetulnya berasal dari Amerika Tengah. Nama keluarga tanaman ini, Plumeria, nama ini dibuat karena untuk menghormati Charles Plumier( 1646- 1706). Dia adalah seorang ahli botani dari bangsa Perancis yang dini kali menekuni tanaman ini.

Bibit tanaman kamboja fosil ini pada akhirnya menyebar secara luas hingga ke berbagai daerah tropis buat ditanam dan nyatanya dengan sangat kilat hendak merasakan khasiatnya.

Terlebih, tanaman kamboja fosil ini dapat dengan kilat tumbuh kala memasuki masa dingin sejauh dirawat di dalam ruangan dengan pencahayaan UV yang cukup. Masing- masing daerah di mana Tanaman Kamboja Fosil didistribusikan berbeda digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *