Categories
Uncategorized

Jenis-Jenis Buah Naga yang Populer di Indonesia

Anda mungkin tahu tentang buah naga yang daging bagian dalamnya berwarna putih dan merah. Namun perlu anda ketahui juga bahwa ada 1 jenis buah naga yang memiliki daging hitam? Bagaimana bisa? Penampilan buah naga hitam ini sangat unik.

Bentuknya bulat lonjong dan sangat menarik untuk dilihat, sangat mirip dengan nanas. Warna kulitnya merah jambu dan ada sulur di seluruh kulitnya.

 Jenis-Jenis Buah Naga yang Populer di Indonesia

Rasanya lebih manis dibandingkan buah naga merah atau putih. Berat rata-rata buah naga hitam ini mencapai 300-900 gr.

Meski begitu, untuk saat ini persebaran pertumbuhan buah naga ini telah merambah berbagai negara lain di dunia, termasuk Indonesia. Buah naga sendiri juga sangat digemari karena memiliki rasa yang khas dan tentunya menyegarkan. Saat ini terdapat sedikitnya 4 varietas unggul buah naga ini di berbagai belahan dunia, di antaranya Hylocereus Undatus, sejenis buah naga dengan kulit merah dan daging putih cemerlang.

Kemudian yang kedua adalah spesies Hylocereus Polyrhizus yang memiliki buah berwarna merah muda dengan daging buah berwarna merah tua. Kemudian jenis ketiga adalah Selenicereus Megalanthus dengan kulit buah berwarna kuning pucat dan daging buah berwarna putih pucat. Yang terakhir adalah spesies Hylocereus costaricensis, buah naga berkulit merah dan daging buah berwarna merah tua. Varietas terakhir ini disebut The Black Dragon Fruit atau Black Dragon Fruit.

Buah naga hitam ini sebenarnya merupakan jenis buah naga daging merah. Karena penggunaan pupuk khusus yaitu pupuk alami hitam (campuran kotoran sapi, sisa-sisa jamu, cengkeh atau sisa cengkeh dari pabrik rokok, dolomit dan abu tempurung), penggunaan pupuk jenis ini merangsang perubahan warna daging dari merah menjadi merah. hitam pekat.

Fermentasi cengkeh atau cengkih dari sisa pabrik rokok membuat daging buah naga didominasi warna hitam pekat. Dengan fenomena seperti itu, kebanyakan orang akan menyebutnya buah naga buah hitam.

Secara umum buah naga hitam sama dengan buah naga pada umumnya. Kulit buah naga didominasi warna merah tua dengan sisik besar yang merupakan ciri khas buah naga. Begitu juga dengan pohonnya, tidak jauh berbeda dengan pohon buah naga pada umumnya.

Satu-satunya perbedaan utama pada buah ini adalah warna daging buahnya tidak hitam, tetapi warna merahnya sangat tebal dan tergolong hitam. Sedangkan sistem budidaya buah naga hitam setidaknya hampir sama dengan budidaya buah naga lainnya. Hanya saja penggunaan pupuk hitam menjadi poin utama yang membedakannya dari menanam buah naga dengan spesies dan varietas lain.

Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan rajin mengonsumsi buah naga hitam, yaitu yang terbaik untuk menurunkan kolesterol, menyeimbangkan kadar gula darah, menurunkan demam berdarah dengan cepat, dan mencegah kanker.

Selain melindungi kesehatan mulut, mencegah kanker usus besar, memperkuat fungsi ginjal, kinerja tulang dan otak, meningkatkan ketajaman penglihatan, mencegah perdarahan dan obat keputihan, mengobati sembelit, meredakan gejala tekanan darah tinggi, dan yang terakhir. Menghaluskan kulit wajah dan bertindak efektif dalam membunuh sel kulit mati.

Secara umum masyarakat mengelompokkan buah naga menjadi empat. Bahkan saya menemukan skripsi UIN, juga mengklasifikasikannya menjadi empat. Nah yang kelima adalah hasil pencarian saya di Google. Yuk kita cek satu per satu

Berikut lima jenis buah naga untuk Anda nikmati. Periksa!

1. Buah naga putih

Buah naga putih atau Hylocereus undatus kembali marak di masyarakat. Hal ini dikarenakan buah naga jenis ini mudah ditanam baik di dalam pot maupun di kebun.

Sayangnya, buah matang memiliki berat antara 450 dan 600 gam. Lebih kecil dari buah naga merah.

Rasanya tidak terlalu manis dibandingkan buah naga lainnya, kandungan gulanya hanya 10-13% biksu. Brix adalah satuan yang digunakan untuk mengukur gula dalam larutan.

2. Buah naga merah

Secara fisik mirip buah naga putih. Namun warna kulit buah naga jauh lebih merah tua. Dagingnya berwarna merah marun. Tekstur dagingnya lebih juicy dibandingkan dengan buah naga putih. Jenis buah ini memiliki nama ilmiah Hylocereus polyrhizus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *