Categories
Uncategorized

Bagaimana Pembeli dan Pemasok Mendapatkan Dari Pasar B2B

Pasar bisnis-ke-bisnis yang terus berkembang, yang dikenal dengan pasar B2B mengubah cara berbisnis. Pasar online ini memiliki potensi besar, baik untuk pembeli dan pemasok, berkat proses transaksi yang lancar dan jangkauan global.

Apa itu pasar B2B?

Pasar B2B adalah platform online berbasis Internet di mana pembeli dan penjual dapat berkomunikasi dan melakukan transaksi bisnis. Pembeli di sini bukan konsumen, mereka adalah bisnis dan bisa siapa saja- grosir, pengecer, dan pedagang lain di industri tertentu. Pasar ini bertindak sebagai mesin pencari vertikal. Mesin pencari vertikal berisi informasi tentang industri atau industri tertentu. Misalnya, pasar kain B2B hanya akan berisi informasi tentang produsen kain, sedangkan pasar manik-manik B2B hanya akan meminta produsen manik-manik. Ada pasar tertentu yang lebih besar seperti indiamart.com yang mencakup produsen dan pemasok berbagai industri. Dengan demikian, pasar B2B berarti bisnis yang serius dan berbeda dari platform B2C yang menghubungkan bisnis dengan konsumen.

Mengapa pasar B2B?

Banyak penelitian dan survei telah dilakukan tentang perilaku pencarian pengguna bisnis dan profesional. Studi-studi ini mengatakan ketika para profesional menggunakan mesin pencari untuk tujuan umum seperti Google dan Yahoo, mereka tidak mendapatkan informasi spesifik tentang pertanyaan terkait pekerjaan mereka. Pencarian berdasarkan kata kunci dapat memberikan hasil yang beragam dalam bentuk informasi yang tersebar yang terdapat di berbagai situs web, blog, dll. Tidak selalu berguna untuk tujuan bisnis.

Sebaliknya, pencarian vertikal di pasar B2B atau direktori perdagangan B2B (situs web khusus perdagangan B2B) memberikan informasi terkait bisnis yang diperlukan yang dibutuhkan oleh para profesional. Jika kita mengambil contoh sebelumnya dari pasar kain, kita dapat berhubungan dengan para profesional lain mengatakan grosir pita. Akan lebih mudah baginya untuk mencari pemasok pita di pasar kain B2B yang sempit. Situs web khusus ini setidaknya memiliki dua keunggulan dibandingkan mesin pencari umum. Pertama-tama, mereka benar-benar tahu apa kebutuhan masyarakat yang menjadi target mereka dan memiliki pengetahuan lengkap tentang persyaratan mereka. Kedua, mereka dapat membuat asumsi keras berdasarkan pengetahuan mereka dan membuat aktivitas pencarian menjadi bermanfaat melalui organisasi ahli dari konten produk.

Pasar B2B dan Potensinya

Pasar B2B menggunakan potensinya untuk kepentingan pembeli dan penjual. Ini memberi mereka akses instan ke audiens global.

Manfaat untuk Pembeli:

Pasar B2B menghilangkan semua hambatan geografis dan pembeli mendapatkan akses ke sejumlah pemasok baru.
Akses ke pemrosesan transaksi online yang ramah pengguna dan halus menurunkan biaya transaksi dan menghemat waktu.
Pembeli dapat membandingkan produk dan layanan yang ditawarkan di pasar untuk keputusan pembelian yang efisien.
Pelacakan pengiriman juga lebih mudah selain dari jaminan kualitas dengan pasar B2B yang didirikan memiliki nilai merek mereka sendiri.
Manfaat untuk Pemasok:
Ketika pemasok melakukan bisnis secara lokal, pasarnya terbatas. Pasar B2B memberikan peluang untuk melakukan bisnis secara global dan menjelajahi pasar baru.
Pemrosesan penjualan online meminimalkan kebutuhan sumber daya manusia dan material lainnya sehingga mengurangi biaya overhead secara signifikan.
Produk-produk yang terdaftar digabungkan dengan eCatalog (direktori pemasok) dan Web Store penjual yang membantu mengubah pembeli potensial menjadi pembeli aktual.
Selain dari daftar produk, portal B2B juga mencakup banyak fitur lain seperti grup diskusi, berita industri terbaru, dan informasi berorientasi bisnis lainnya yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memperluas bisnis mereka.
Bahkan, pasar B2B telah terbukti menjadi solusi bisnis satu atap untuk pembeli dan juga pemasok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *