Categories
Uncategorized

3 Langkah Mudah Cek No Porsi Haji

Kemajuan teknologi memudahkan segala urusan, termasuk untuk mengetahui estimasi keberangkatan calon jamaah haji. Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan layanan pengecekan informasi seputar pemberangkatan haji melalui online. Calon jamaah yang telah menerima bukti setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji berhak mendapatkan no porsi haji. Nomor porsi ini berguna untuk mengecek perkiraan keberangkatan calon jamaah.

Cara Cek No Porsi Haji Untuk Estimasi Keberangkatan

Sebagai calon jamaah haji, tentu sudah tidak sabar ingin menunaikan ibadah ke Baitullah. Namun karena kuota yang terbatas dan banyaknya calon jamaah membuat mereka harus sabar menunggu. Saat menunggu jadwal pemberangkatan, calon jamaah bisa lebih mempersiapkan diri. Mulai dari menyiapkan anggaran pelunasan, hingga olahraga rutin guna menjaga daya tahan tubuh.

Agar ke depannya calon jamaah tidak kelabakan saat hari H, maka calon jamaah harus mengetahui estimasi keberangkatan.  Berikut disajikan langkah mudah cara mengetahui perkiraan keberangkatan haji calon jamaah

  • Cek porsi haji melalui aplikasi

Setiap orang yang mendaftar haji kebanyakan memiliki ponsel pintar seperti Android. Bagi calon jamaah yang ingin mengetahui porsi haji bisa mengunduh dan menginstal aplikasi Haji Pintar. Calon jamaah bisa mengunduhnya melalui google playsote.

Perkiraan keberangkatan bisa dicek dengan  memasukan no porsi haji pada feature estimasi keberangkatan.

Aplikasi haji pintar juga memiliki feature lainnya untuk mendukung ibadah haji calon jamaah. Diantaranya ada feature akomodasi, konsumsi, transportasi, informasi haji dan jadwal keberangkatan. Feature-feature tersebut merupakan informasi yang ada saat Anda melakukan proses ibadah haji di Arab Saudi.

  • Cek porsi haji melalui situs

Langkah mudah yang berikutnya untuk mengecek estimasi keberangkatan haji adalah dengan mengunjungi  situs resmi kemenag. Anda tidak perlu repot untuk menginstal aplikasi seperti Haji Pintar. Anda cukup mengunjungi laman haji.kemenag.go.id pada mesin pencari.

Informasi seputar penyelenggaraan haji seperti kuota, data PPIU, PIHK, dan lain sebagainya akan muncul di beranda. Anda cukup Scroll ke bawah hingga menemukan menu “perkiraan berangkat”. Masukkan no porsi sesuai dengan yang tertera pada bukti setoran awal BPIH. No porsi haji terletak pada ujung kiri atas bukti setoran. Data informasi seputar identitas dan jadwal keberangkatan calon jamaah pun akan muncul saat Anda mengklik tombol cari.

  • Cek porsi haji melalui smartphone

Jika Anda tidak memiliki laptop atau malas ke warnet, Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda. Anda bisa mengecek estimasi keberangkatan dari browser smartphone Anda. Atau bisa juga melalui aplikasi selain haji pintar, yakni aplikasi “cek porsi haji”.

Sebelum menggunakan aplikasi, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu.

Aplikasi ini gratis alias tidak berbayar, sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. Calon jamaah tinggal memasukkan nomor porsi yang berjumlah 10 digit dan tertera di bukti setoran awal BPIH. Klik submit saat Anda yakin nomornya sudah sesuai dengan no porsi milik Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan feature lainnya seputar info haji dan umrah.

Baca juga: https://www.hayatuntour.com/umroh-plus-turki/

Itulah 3 cara mudah yang bisa dilakukan jamaah saat ingin mengetahui keberangkatan. Gimana cukup mudah bukan? Calon jamaah tidak perlu repot lagi untuk mendatangi kantor kementrian agama atau biro haji dan umroh. Calon jamaah cukup memasukkan no porsi haji pada menu cek keberangkatan baik melalui situs maupun aplikasi. Semoga yang belum berangkat bisa segera mendapatkan jadwal keberangkatan secepatnya. Dan yang belum mendaftar semoga bisa menyisihkan tabungan hajinya untuk mendaftar ibadah ke tanah suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *